Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil tentang Nutrisi pada Ibu Hamil di Desa Ujung Jaya Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu pada tahun 2013 jumlah kematian ibu sebanyak 46 orang dimana salah satunya yaitu sebanyak 13,04% atau sebanyak 6 orang disebabkan oleh perdarahan, sedangkan kematian bayi sebanyak 375 kasus yang terdiri dari 129 kasus dengan berat badan lahir rendah, 77 kasus dengan asfiksia, 1 kasus dengan tetanus neonatorum, 16 kasus dengan infeksi, 14 kasus dengan sepsis, 44 kasus dengan kelainan konginetal dan 94 kasus dengan penyebab lain (Dinkes Kabupaten Indramayu, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang nutrisi pada ibu hamil di Desa Ujung Jaya Kecamatan Widasari tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Desa Ujung Jaya Kecamatan Widasari tahun 2014. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling, instrumen penelitian yang di gunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil tentang nutrisi, 64,10% termasuk dalam kategori kurang baik, pengetahuan ibu hamil tentang makanan bernutrisi pada kehamilan, 57,5% termasuk dalam kategori kurang baik. pengetahuan ibu hamil tentang tujuan mengkonsumsi makanan bernutrisi pada kehamilan, 65% termasuk dalam kategori kurang baik pengetahuan ibu hamil tentang Faktor-faktor yang mempengaruhi nutrisi pada kehamilan, 45% termasuk dalam kategori kurang baik. pengetahuan ibu hamil tentang dampak kekurangan makanan bernutrisi pada kehamilan, 62,5% termasuk dalam kategori kurang baik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang nutrisi dalam kategori kurang baik. Disarankan ibu hamil dapat mencari informasi tentang nutrisi baik dari petugas kesehatan atau media informasi.
Sri Ayu Afi Ani
Cucu Nurmala - Personal Name
M. Saefulloh - Personal Name
Sri Ayu Afi Ani - Personal Name
610.5 ANI g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...