Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-Faktor Penyebab Pernikahan Usia anak di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu Tahun 2022


Pernikahan usia anak adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan yang memiliki usia dibawah umur (kedua-duanya atau salah satunya). Tujuan peneliti untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pernikahan usia anak di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu tahun 2022.
Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain case control.Populasi sebanyak 82 responden. Menggunakan total sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner.Analisis data menggunakan univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square.
Hasil penelitian didapatkan responden yang tamat SMA (51,2%), orangtua yang berpenghasilan ≤ 1 juta (48,8%), pola asuh orangtua demokratis (78,0%), dan peran teman sebaya negative (85,4%). Faktor pendidikan didapatkan P value= 0,00, faktor ekonomi didapatkan P value= 0,04, faktor pola asuh orangtua didapatkan P value= 0,16, dan faktor peran teman sebaya didapatkan P value= 0,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yang berhubungan dengan pernikahan usia anak di Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu ialah faktor pendidikan, faktor ekonomi, dan faktor peran teman sebaya. Sedangkan yang tidak berhubungan dengan pernikahan usia anak ialah faktor pola asuh orangtua.
Peneliti selanjutnya diharapkan diharapkan menggunakan Teknik yang berbeda sehingga penelitian lebih mendalam mencakup faktor-faktor yang belum diteliti untuk melengkapi hasil penelitian ini.

Mira Aryanti - Personal Name
Dartiwen - Personal Name
Friyanti Wulandari Dwi Hardini - Personal Name
610.5 HAR f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2023
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...