Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Keberhasilan dalam Pelaksanaan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Kandanghaur Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2016


Cakupan ASI Eksklusif di Indramayu pada tahun 2015 yaitu 54,6 %. Dan targetnya sebesar 39%. Puskesmas Kandanghaur merupakan Puskesmas dengan cakupan terendah yaitu sebesar 12,0%. Pemberian ASI Eksklusif yaitu bayi diberikan ASI saja tanpa makanan tambahan sampai enam bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dalam pelaksanaan pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Kandanghaur Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu tahun 2016.
Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Informan penelitian ini terdiri dari informan utama dan informan triangulasi. jumlah informan yaitu 10 orang.
Keberhasilan pelaksanaan program ASI Eksklusif akan berhasil jika presentase bayi 0-6 bulan mendapat ASI Eksklusif sesuai dengan target. Manajemen Perencanaan di Puskesmas Kandanghaur sudah terarah dengan adanya indikator keberhasilan yang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan ASI Eksklusif. Kepala Puskesmas mengkoordinasikan dan melakukan pengendalian semua kegiatan Puskesmas. Pelaksanaan program ASI Eksklusif di Puskesmas Kandanghaur yaitu masyarakat datang sendiri Puskesmas atau posyandu serta pengawasannya dilakukan dengan memantau koordinasi dari petugas gizi dan bidan desa mengenai pencatatan dan pelaporan di Puskesmas kandangahur.
Kesimpulan dalam penelitian ini di Puskesmas Kandanghaur sudah adanya indikator keberhasilan ASI Eksklusif dan pengorganisasiannya dari kepala puskesmas, petugas gizi Puskesmas, bidan koordinator, bidan desa, dan pematauan dilakukan dengan melihat pencatatan dan pelaporan. Saran dalam penelitian ini perencanaan pelaksanaan yang terpadu, terkontrol dan berkesinambungan. dan perlunya koordinasi dan kebersamaan lintas sektor dari pihak desa dalam semua program kesehatan khususnya ASI Eksklusif untuk memantau serta mengawasi keberlangsungan pelaksanaan program
Uria Sofa
Uria Sofa - Personal Name
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Retno Susanto - Personal Name
050 URI a
NONE
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2016
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...