Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis faktor yang berhubungan dengan kejadian nyeri punggung bawah pada perawat Di Ruang Bedah RSUD Kabupaten Indramayu


Nyeri punggung bawah merupakan suatu kondisi dimana daerah lumbal atau tulang belakang mengalami gangguan rasa nyaman. Faktor penyebab nyeri punggung bawah pada perawat yaitu usia, jenis kelamin, IMT, kebiasaan olahraga, masa kerja dan riwayat cidera
punggung. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kejadian nyeri punggung bawah pada perawat. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional.
Sampel sebanyak 29 perawat yang diambil dengan teknik total populasi. Hasil penelitian diketahui faktor usia, jenis kelamin, IMT, kebiasaan olahraga, masa kerja dan riwayat cidera punggung tidak berhubungan dengan kejadian nyeri punggung bawah (p value = > 0,05). Hasil multivariat tidak ditemukan faktor dominan, namun ditemukan faktor confounding yaitu usia, jenis kelamin dan masa kerja.
Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu agar dapat menggali faktor lain penyebab nyeri punggung bawah dengan menjadikan faktor usia, jenis kelamin dan masa kerja sebagai faktor confounding.
Hesty Mahmudianti
Wayunah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Hesty Mahmudianti - Personal Name
610.5 MAH a
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2018
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...