Detail Cantuman Kembali
Gambaran Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Poli Anak RSUD Indramayu
Keberhasilan dalam pemberian pelayanan rumah sakit diukur dari tingkat kepuasan
pasien maupun keluarga pasien, Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa
seseorang terhadap kesan yang didapatkan saat atau setelah menerima layanan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan keluarga pasien di
poli anak RSUD Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu keluarga pasien di poli anak, adapun
teknik sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 85 responden. Instrumen
penelitian menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan univariat.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebanyak 48 responden (56,5%) keluarga
pasien merasa puas dan 37 responden (43,5%) keluarga pasien merasa tidak puas,
dengan dimensi tangible 65 responden (76,5%) keluarga pasien merasa puas, dimensi
reliability 68 responden (80%) keluarga pasien merasa puas, dimensi responsiveness
68 responden (80%) keluarga pasien merasa tidak puas, dimensi assurance 53
responden (62,4%) dan dimensi empathy 85 responden (100%) keluarga pasien
merasa puas.
Simpulan dari penelitian ini gambaran tingkat kepuasan keluarga pasien di poli anak
RSUD Indramayu didapatkan hasil dalam kategori puas sebanyak 48 responden
(56,5%) dan belum memenuhi standar pelayanan minimal rumah sakit yang sudah
ditentukan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yaitu ≥90%. Disarankan
untuk tenaga medis hendaknya dapat melakukan upaya atau usaha dalam
meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan.
610.5 AZI g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2023
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...