Detail Cantuman Kembali
Pengaruh Media Video Animasi Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Usia 3 - 6 Tahun TK Islam Al-Ikhlas Kertasmaya Kabupaten Indramayu
xiii + 42 Halaman+ 7 Tabel+ 3 Gambar + 11 Lampiran
Latar Belakang : Cuci tangan pakai sabun, merupakan tindakan membersihkan tangan mulai dari kulit sampai kuku dengan menggunakan air mengalir dan sabun dengan menggunakan langkah yang baik dan benar supaya terhindar dari virus dan penyakit. Anak usia 3-6 tahun memiliki masalah prilaku yang rentan dengan penyakit. Dengan media video animasi cuci tangan pakai sabun dapat digunakan untuk anak belajar tentang cuci tangan. Tujuan peneliti untuk mengetahui pengaruh media video animasi cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada anak usia 3-6 tahun TK Islam Al-Ikhlas Kertasemaya Kabupaten Indramayu Tahun 2023.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan one grup pretest-postest design. Dengan total populasi sebanyak 122 siswa, Variable independen yaitu media video animasi cuci tangan dan variable dependent yaitu kemampuan cuci tangan pakai sabun. Pengumpulan data dengan lembar cek list sesuai dengan Standar Oprasional Prosedur 6 langkah cuci tangan pakai sabun. Teknik pengumpulan data menggunakan editing, coding, scoring, entry data, cleaning dan statistik menggunakan uji Marginal Homogeneity.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dari 122 responden sebelum di tampilkan video animasi cuci tangan sebagian besar siswa kurang mampu mempraktekan cuci tangan dengan jumlah 69 siswa (56.6%), sesudah diberikan media video animasi banyak siswa yang sudah mampu mempraktekan cuci tangan dengan jumlah 119 siswa (97.5%). Uji ststistik Marginal Homogeneity P = 0.0001
Kesimpulan : Ada pengaruh dengan diberikanya media video animasi cuci tangan terhadap kemampuan cuci tangan pakai sabun pada anak usia 3-6 tahun di TK Islam Al-Ikhlas Kertasemaya kabupaten Indramayu.
Kata Kunci : Cuci Tangan, video animasi
610.5 YUL p
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2024
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...