Detail Cantuman Kembali
Hubungan antara Pola Asuh orang Tua dengan Kedisiplinan Anak Usia Sekolah ketika Belajar di Rumah di SDN Babadan III Kabupaten Indramayu Tahun 2015
Anak usia sekolah adalah anak yang rentan terhadap perubahan dan anak
mudah terkena pengaruh dari luar, maka pola asuh orang tua menjadi sesuatu hal
yang dominan. Keterkaitan pola asuh orang tua dengan kedisiplinan anak
dimaksudkan sebagai upaya orang tua dalam meletakkan dasar-dasar disiplin diri
kepada anak dan membantu mengembangkannya sehingga anak memiliki disiplin
diri. Atas dasar itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antar pola
asuh orang tua dengan kedisiplinan anak usia sekolah ketika belajar di rumah di SDN
Babadan III kabupaten indramayu tahun 2015
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif korelasi dengan
pendekatan Cross Sectional, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling yaitu sebanyak 78 responden. Instrument penelitian ini
menggunakan kuesioner untuk variabel pola asuh dan kedisiplinan, analisa yang
digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji Chi- Square.
Hasil dari penelitian ini adalah 35 (44,9%) orang tua memberikan pola asuh dalam
kategori demokratis dan kedisiplinan anak usia sekolah yang tidak disiplin sebanyak
47 (60,3%). Analisa bivariat menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai p-value =
0,269 (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan hipotesis (Ho) ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua
dengan kedisiplinan anak usia sekolah ketika belajar dirumah di SDN Babadan III
Kabupaten Indramayu. Saran diharapkan kepada orang tua agar untuk menerapkan
pola asuh yang baik dan menanamkan sedini mungkin kepada anak untuk
membiasakan berdisiplin.
Putri Ayu Lestari
050 PUT h
050
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2015
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...