Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Perilaku Self-Care dengan Derajat Hipertensi Pasien Hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Indramayu Tahun 2016


Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah ≥ 140/90 mmHg. Prevalensi hipertensi meningkat sejalan dengan perubahan gaya hidup. konsep self-care pada pasien hipertensi baik digunakan untuk mengontrol tekanan darah dengan menilai kebutuhan dan kemampuan. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi hubungan perilaku self-care dengan derajat hipertensi pada pasien hipertensi.
Jenis penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 54 responden. Analisa data menggunakan Chi-square.
Hasil perilaku self-care yang baik sebanyak 30 (55.6%) responden dan hasil derajat hipertensi dengan kategori hipertensi derajat 1 sebanyak 25 (46.3%) responden. Hasil analisa lanjut menunjukan bahwa tidak ada hubungan perilaku self-care (P Value = 0.065) dengan derajat hipertensi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor seperti sosial-ekonomi dan budaya yang dapat menyebabkan perubahan hubungan dengan derajat hipertensi.
Fariz Haerul Makbul
Wayunah - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Fariz Haeru Makbul - Personal Name
050 MAK h
050
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2016
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...