Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Pelaksana Imunisasi tentang Prosedur Imunisasi dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) di Puskesmas Wilayah Kecamatan Compreng Kabupaten Subang Tahun 2013


Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 30 September sampai dengan 2 Oktober 2013 terhadap 5 pelaksana imunisasi dengan teknik wawancara mengenai prosedur imunisasi didapatkan 1 responden menjawab dengan benar prosedur imunisasi tentang cara penyimpanan vaksin dan penyuntikan yang aman, 4 responden menjawab tahu sebagian prosedur imunisasi tentang cara penyimpanan vaksin dan penyuntikan yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pelaksana imunisasi tentang prosedur imunisasi dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) di Puskesmas wilayah Kecamatan Compreng Kabupaten Subang tahun 2013.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelational dengan pendekatan retrospektif dengan teknik pengambilan sampel secara total sampling sebanyak 30 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan laporan kejadian KIPI. Analisis data menggunakan uji spearman-rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksana imunisasi yang berpengetahuan baik tentang prosedur imunisasi sebanyak 17 responden dengan persentase 56,7% dan data kejadian KIPI di Puskesmas wilayah Kecamatan Compreng Kabupaten Subang sebanyak 9 kasus dengan persentase 30%. Berdasarkan hasil uji spearman rank didapat nilai p value = 0,012, artinya ada hubungan antara pengetahuan pelaksana imunisasi tentang prosedur imunisasi dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) di Puskesmas wilayah Kecamatan Compreng Kabupaten Subang.
Saran bagi perawat atau bidan yang menjadi petugas imunisasi diharapkan meningkatkan pengetahuan tentang prosedur imunisasi dalam pengelolaan vakisn dan teknik penyuntikan yang aman, sehingga dalam melaksanakan pelayanan imunisasi di tempat pelayanan kesehatan dapat memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Ano Setiabudi
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Titin Hidayatin - Personal Name
Ano Setiabudi - Personal Name
610.5 SET h
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...