Detail Cantuman Kembali

XML

Pengalaman Remaja Putri dalam Pernikahan Dini di Desa Kiarasari Kecamatan Compreng Kabupaten Subang Tahun 2013


Menikah adalah sunaatullah yang akan dilalui semua orang dalam proses perjalanan hidupnya, untuk menikah ada hal yang harus diperhatikan yaitu kesiapan fisik dan kesiapan mental, kesiapan fisik seseorang dilihat dari kemampuan ekonomi, sedangkan kesiapan mental dilihat dari faktor usia. Akan timbul permasalahan jika pernikahan dilakukan diusia muda, yaitu menikah dini secara fisik dan mental memang belum siap. Bagaimana jika pernikahan dini dilakukan oleh masyarakat di Desa Kiarasari.
Pernikahan dini cenderung terjadi dalam kehidupan masyarakat desa yang telah berlangsung sejak dulu dan masih bertahan sampai sekarang. Bagi masyarakat sekarang pernikahan usia dini terjadi tidak hanya faktor ekonomi saja tetapi ada faktor yang terbawa oleh zaman yaitu pergaulan bebas yang berakibat terjadinya hamil diluar nikah yang lebih ngetrend disebut MBA (married bay Accident). Faktor ini yang lebih menjadi alasan remaja putri menikah diusia dini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan remaja putri memutuskan untuk menikah diusia dini, untuk mengetahui dampak dari pernikahan dini dan wawasan mereka tentang pernikahan dini. Sedangkan metode penelitian ini adalah kualitatif penelitian yang dilakukan yaitu penelitian langsung yang dilakukan di Desa Kiarasari Kecamatan Compreng. Data yang didapatkan peneliti diperoleh dari hasil wawancara mendalam (in-depht interview).
Hasil penelitian menunjukan bahwa alasan remaja putri menikah diusia dini karena Married By Accident (MBA) dan menghindari gossip kemudian hal-hal yang mempengaruhi pernikahan dini yaitu pergaulan bebas, dan pengaruh media massa, sedangkan dampak dari pernikahan dini terjadi ketidakharmonisan dalam rumahtangga, masalah ekonomi dan dampak terhadap kesehatan reproduksi wanita, dan terahir yaitu wawasan remaja putri tentang pernikahan dini terbatas pada batasan usia serta persepsi remaja putri tentang pernikahan dini.

Euis Widianingsih
Winani - Personal Name
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Euis Widianingsih - Personal Name
610.5 WID p
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...