Detail Cantuman Kembali

XML

Pengetahuan Ibu Hamil tentang penyakit Menyular Seksual di Wilayah Kerja Puskesmas Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2014


WHO pada tahun 2001 memperkirakan penderita PMS di seluruh dunia sebanyak 340 juta orang. Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu tahun 2013 terdapat 64 ibu hamil yang terkena PMS. Kandanghaur merupakan wilayah urutan yang pertama dengan jumlah ibu hamil 8 orang yang terkena PMS di Kabupaten Indramayu. Tujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang PMS di wilayah kerja Puskesmas Kandanghaur.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah Ibu hamil yaitu sebanyak 67 orang dan sampel penelitian menggunakan tehnikAccidental sampling.
Hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu hamil tentang PMS frekuensi tertinggi (terbanyak) berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 33 responden (49,2%). Pengetahuan ibu hamil tentang pengertian PMS frekuensi tertinggi (terbanyak) berada pada kategori baik yaitu sebanyak 30 responden (44,8%). Pengetahuan ibu hamil tentang tanda dan gejala PMS frekuensi tertinggi (terbanyak) berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 28 responden (41,8%). pengetahuan ibu hamil tentang dampak PMS frekuensi tertinggi (terbanyak) berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 33 responden (49,2%). Pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan PMS frekuensi tertinggi (terbanyak) berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 43 responden (64,2%). pengetahuan ibu hamil tentang cara penularan PMS frekuensi tertinggi (terbanyak) berada pada kategori kurang yaitu sebanyak 39 responden (58,2%).
Hasil penelitian ini dijadikan bahan pertimbangan bagi Puskesmas Kandanghaur untuk menindak lanjuti permasalahan tentang PMSsebagai asuhan data dasar untuk meningkatkan pengetahuan Ibu Hamil dengan cara melakukan penyuluhan kepada ibu hamil tentang pengertian, tanda dan gejala, dampak, pencegahan, dan cara penularan penyakit menular seksual.
Susanti
M. Saefulloh - Personal Name
Dian Fitriyani - Personal Name
Susanti - Personal Name
610.5 SUS p
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...