Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi di Desa Wanatara Wilayah Kerja Puskesmas Babadan Tahun 2014


Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hal yang sangat penting bagi bayi karena pertumbuhan dan perkembangan adalah penunjang ketahap selanjutnya. Ibu yang mempunyai pengetahuan atau kemampuan yang baik maka akan terbentuk pula perilaku yang baik. Peneliti melakukan penjajakan masalah terhadap 10 orang ibu bayi yang mempunyai bayi di desa wanantara, didapatkan hasil pengetahuan ibu bayi tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi yang kurang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu bayi yang mempunyai bayi di Desa Wanantara yaitu sebanyak 52 orang dan sampel penelitian menggunakan tehnik total populasi. Instrument penelitian menggunakan kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengetahuan ibu bayi tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 63,46%. Diketahui bahwa tingkat pengetahuan tentang pengertian pertumbuhan bayi termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 63,46%. Diketahui tingkat pengetahuan tentang perkembangan personal sosial bayi termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 71,15%. Diketahui bahwa tingkat pengetahuan tentang perkembangan bahasa bayi termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 65,40%. Diketahui bahwa tingkat pengetahuan tentang perkembangan motorik halus bayi termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 53,85%. Diketahui bahwa tingkat pengetahuan tentang perkembangan motorik kasar bayi termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 57,70%.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi termasuk dalam kategori kurang. Disarankan kepada ibu bayi dapat aktif untuk mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh instansi kesehatan serta diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik.
Daneri
Bachtiar Efendi - Personal Name
Nanda Yansih Putri - Personal Name
Daneri - Personal Name
610.5 DAN g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...