Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan Ibu Hamil tentang Kolostrum di BPM Hj. Nurnaenah, SST di Wilayah Kerja Puskesmas Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Kolostrum merupakan cairan jernih kekuningan yang dihasilkan oleh alveoli payudara ibu pada periode akhir kehamilan. Dikeluarkan pada hari pertama setelah kelahiran, diberikan segera setelah bayi lahir. Berdasarkan studi pendahuluan, pada 5 ibu hamil tidak ada yang mengetahui tentang kolostrum secara menyeluruh tentang pengertian, komposisi, manfaat dan waktu pemberian.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan populasi dan sampel yang di gunakan adalah accidental sampling yaitu sebanyak 53 ibu hamil. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa pengetahuan ibu hamil tentang pengertian kolostrum (75,5%) termasuk dalam kategori baik. Pengetahuan ibu hamil tentang komposisi kolostrum (49%) termasuk dalam kategori Kurang baik. Pengetahuan ibu hamil tentang manfaat kolostrum (70%) termasuk dalam kategori baik. Pengetahuan ibu hamil tentang waktu pemberian (66%) termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut kemungkinan disebabkan karena hampir seluruh responden tidak pernah mengikuti penyuluhan tentang kolostrum.
Kesimpulan penelitian adalah (77,2%) pengetahuan ibu hamil tentang kolostrum termasuk dalam kategori cukup baik. Saran yang diberikan kepada ibu hamil di harapkan dengan adanya penelitian ini ibu hamil dapat memberikan kolostrum kepada bayinya nanti.
Intan Fitri Ana
Heri Sugiarto - Personal Name
Etin Suhartini - Personal Name
Intan Fitri Ana - Personal Name
610.5 ANA g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...