Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan Ibu yang mempunyai Bayi Usia 0-6 Bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Sindang Kerta Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener Tahun 2014


ASI eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI selama 6 bulan tanpa tambahan cairan lain. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 5 Maret 2014 melalui wawancara terhadap 10 orang ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan di Desa Sindang Kerta Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener, didapat bahwa 8 orang tidak mengetahui tentang ASI eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI eksklusif di Desa Sindang Kerta Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener Kabupaten Indramayu.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan yang tinggal di Desa Sindang Kerta Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener yang berjumlah 46 orang dan penentuan jumlah sampel menggunakan teknik total populasi yaitu sebanyak 46 responden. Variabel penelitian ini yaitu pengetahuan ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan tentang ASI eksklusif dengan subvariabel yaitu: pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang Pengertian ASI eksklusif, manfaat ASI eksklusif, komposisi ASI, waktu pemberian ASI eksklusif dan teknik menyusui yang benar. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI eksklusif 71,1% termasuk kategori baik. Pengetahuan tentang pengertian ASI eksklusif 89,1% termasuk kategori baik. Pengetahuan tentang manfaat ASI eksklusif 65,2% termasuk kategori baik. Pengetahuan tentang komposisi ASI eksklusif 47,8% termasuk kategori baik. Pengetahuan tentang waktu pemberian ASI eksklusif 52,2% termasuk kategori baik. Pengetahuan tentang teknik menyusui yang benar 78,2% termasuk kategori baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian didapat bahwa pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI eksklusif termasuk kategori baik. Saran dari hasil penelitian adalah pentingnya usaha peningkatan pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI eksklusif yang dapat dilakukan dengan memberikan nasehat-nasehat secara intensif oleh bidan desa seperti penjelasan tentang manfaat, komposisi, waktu pemberian dan teknik menyusui yang benar.
Gina Ervina
Riyanto - Personal Name
Mayang Chyntaka - Personal Name
Gina Ervina - Personal Name
610.5 ERV g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...