Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Menyusui tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Kanker payudara menduduki tempat kedua dari insidens semua tipe kanker di Indonesia, angka kejadian kanker payudara cukup tinggi hal tersebut disebabkan kurangnya kesadaran perempuan untuk segera memeriksakan jika terjadi kelainan pada payudara. Untuk mendeteksi dini adanya kanker payudara dapat dilakukan dengan cara pemeriksaan payudara sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan ibu menyusui tentang SADARI di Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu pada tahun 2014. Manfaat penelitian ini dapat memberikan informasi ilmiah terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dalam melaksanakan pemeriksaan payudara sendiri. Baik bagi responden maupun peneliti.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini menggunakan total populasi pada ibu menyusui sebanyak 28 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian di dapat bahwa secara keseluruhan pengetahuan ibu menyusui tentang SADARI sebanyak 53,57% atau 15 responden dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat pengetahuan tentang pengertian SADARI sebanyak 11 responden (39%) dengan kategori cukup, berdasarkan tentang tujuan SADARI di temukan sebanyak18 responden (64%) dengan kategori kurang, berdasarkan Waktu pelaksanaan SADARI di temukan sebanyak11 responden (39%) dengan kategori cukup, dan berdasarkan langkah-langkah SADARI di temukan sebanyak 13 responden (46%) dengan kategori cukup.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu menyusui tentang pemeriksaan payudara sendiri termasuk dalam kategori cukup. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi bidan atau tenaga kesehatan lain dalam melaksanakan penyuluhan kepada ibu menyusui tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)
Fitriyani
Sutrisno - Personal Name
Fitriyani - Personal Name
Hj.Tjartini - Personal Name
610.5 FIT g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...