Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Bayi tentang Pertumbuhan dan Perkembangan di Desa Penganjang Wilayah Kerja Puskesmas Babadan Tahun 2014


Pertumbuhan merupakan perkembangan fisik dan mental anak usia dini sangat berbeda dengan orang dewasa. Pada anak usia dini, pengaruh dari luar lebih sedikit, sedangkan pada orang dewasa, pengaruh lingkungan luar cenderung dominan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, pada tanggal 14 juni 2014, di Desa Penganjang terdapat 2 balita yang mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, yaitu disebabkan karena faktor ekonomi. Sedangkan untuk pengetahuan yang dilakukan pada ibunya, pada 11 orang ibu yang memiliki bayi. Diketahui bahwa 4 orang ibu bayi mengetahui tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi, sedangkan 7 orang ibu bayi tidak mengetahui tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena itu, orang tua harus lebih memahami proses pertumbuhan dan perkembangan anak pada awal kehidupannya, terkait dengan perubahan perubahan yang terjadi, baik perubahan fisik maupun mental.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini Ibu dari bayi usia 0-12 bulan sebanyak 56 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan ibu tentang pengertian, pola, stimulasi, dan gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, waktu dan tempat penelitian dilakukan pada bulan juli 2014 di Desa Penganjang.
Hasil penelitian didapat bahwa gambaran pengetahuan pengertian pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (35,7%) kategori cukup, tentang pola pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (55,3%) kategori kurang, tentang stimulasi pertumbuhan dan perkembangan tertinggi (53,6) kategori cukup, dan gangguan pertumbuhan dan perkembangan presentasi (42,9%) kategorin kurang.
Kesimpulan penelitian ini bahwa pengetahuan tentang pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan termasuk dalam kategori cukup. Adapun saran nya agar dijadikan bahan pertimbangan petugas kesehatan dalam melaksanakan penyuluhan.
Lili Julianti
Bachtiar Efendi - Personal Name
Nanda Yansih Putri - Personal Name
Lili Julianti - Personal Name
610.5 JUL g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...