Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida tentang pemeriksaan Antenatal Care (ANC) di wilayah kerja Puskesmas Pondoh Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Pemeriksaan kehamilan merupakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk memeriksa keadaan ibu dan janin secara berkala diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang di temukan. Tujuan penelitian ini yaitu dapat mengetahui Gambaran pengetahuan ibu primigravida tentang pemeriksaan antenatal care (ANC) di wilayah kerja Puskesmas Pondoh Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Manfaat penelitian ini sebagai bentuk dokumentasi yang dapat di jadikan sumber informasi dan data dasar studi pendahuluan pada penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan Antenatal Care (ANC).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dengan lingkup gambaran pengetahuan ibu primigravida tentang pemeriksaan Antenatal Care (ANC). Populasinya seluruh Ibu Hamil pada priode Januari sampai April 2014 sejumlah 509 orang ibu hamil. Dalam penelitian ini menggunakan teknik total populasi jadi diambil sampel sebanyak 48 ibu hamil primigravida.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 33 (68,7%) responden tingkat pengetahuan dengan kategori cukup tentang pemeriksaan ANC. Diketahui bahwa sebanyak 27 (56,2%) responden tingkat pengetahuan dengan kategori cukup tentang pengertian ANC. Diketahui bahwa sebanyak 27 (56,2%) responden tingkat pengetahuan dengan kategori cukup tentang tujuan ANC. Diketahui bahwa sebanyak 20 (41,6%) responden tingkat pengetahuan dengan kategori baik tentang manfaat ANC. Diketahui bahwa sebanyak 30 (62,5%) responden tingkat pengetahuan dengan kategori kurang tentang jadwal kunjungan ANC. Diketahui bahwa sebanyak 23 (47,9%) responden tingkat pengetahuan dengan kategori cukup tentang standar pelayanan ANC.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang pemeriksaan Antenatal Care (ANC) termaksuk dalam kategori cukup. Disarankan ibu hamil lebih meningkatkan kembali dalam mencari informasi melalui sarana dan prasarana yang ada, seperti memeriksakan hehamilannya dengan rutin di fasilitas kesehatan dan dijadikan bahan pertimbangan Puskesmas dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan untuk memperluas pengetahuan ibu hamil tentang pemeriksaan Antenatal Care (ANC).
Lilis Suryani
Cucu Nurmala - Personal Name
M. Saefulloh - Personal Name
Lilis Suryani - Personal Name
610.5 SUR g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...