Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Nifas tentang Perawatan Payudara di Desa Wirakanan wilayah kerja Puskesmas Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Perawatan payudara untuk ibu nifas yang menyusui merupakan salah satu upaya dukungan terhadap pemberian ASI bagi sang buah hati tercinta. Perawatan payudara bertujuan untuk memperlancar pengeluaran ASI dan menghindari penyulit saat menyusui. Rendahnya tingkat pemahaman tentang pentingnya perawatan payudara dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh ibu nifas mengenai perawatan payudara. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu nifas yang melakukan perawatan payudara di Desa Wirakanan wilayah kerja Puskesmas Kandanghaur. Manfaat penelitian sebagai bentuk dokumentasi yang dapat dijadikan sumber informasi dan data dasar untuk studi pendahuluan pada penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan perawatan payudara.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan populassi dan sampel yang digunakan adalah total populasi yaitu 28 ibu nifas. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan ibu nifas tentang pengertian perawatan payudara sebanyak 57% termasuk dalam kategori baik. Pengetahuan ibu nifas tentang tujuan perawatan payudara sebanyak 75% termasuk dalam kategori kurang. Pengetahuan ibu nifas tentang manfaat perawatan payudara sebanyak 50% termasuk dalam kategori kurang. Pengetahuan ibu nifas tentang cara perawatan payudara sebanyak 67.8% termasuk dalam kategori cukup. Hal tersebut kemungkinan disebabkan karena sebagian responden tidak pernah mengikuti penyuluhan tentang perawatan payudara.
Kesimpulan penelitian adalah pengetahuan ibu nifas tentang perawatan payudara termasuk dalam kategori cukup. Saran yang diberikan kepada ibu nifas diharapkan dengan adanya penelitian ini ibu nifas dapat melakukan perawatan payudara. Saran yang diberikan kepada tenaga kesehatan diharapkan adanya penyuluhan tentang kesehatan khususnya tentang perawatan payudara.
Tri Yuniastuti
Sutrisno - Personal Name
Tjartini - Personal Name
Tri Yuniastuti - Personal Name
610.5 YUN g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...