Detail Cantuman Kembali

XML

Perawatan Ibu Hamil tentang Tablet Fe di Desa Leuwigede di Wilayah Kerja Puskesmas Widasari Kabupaten Indramayu Tahun 2014


Menurut WHO pada tahun 2006 di seluruh dunia frekuensi terjadinya anemia dalam kehamilan dapat dikatakan cukup tinggi, berkisar antara 20-29%. Akibat kematian ibu yang menderita anemia sebesar 70% . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe di Desa Leuwigede Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu Tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil dengan anemia dengan total sampel 39 orang hamil. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil, pengambilan data dengan total sampel sebanyak 39 orang ibu hamil. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe dengan sub variabel adalah pengertian, kebutuhan selama kehamilan, efek samping pemberian tablet Fe, akibat kekurangan Fe, manfaat pemberian tablet Fe.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pengertian tablet Fe termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 89,74%, tingkat pengetahuan tentang kebutuhan tablet Fe selama kehamilan termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 97,43%, efek samping pemberian tablet Fe termasuk dalam kategori kurang yaitu sebesar 82,05%, akibat kekurangan Fe termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 76,92%, manfaat pemberian tablet Fe termasuk dalam kategori baik yaitu sebesar 84,61%.
Diharapkan hasil penelitian ini dijadikan bahan pertimbangan bagi desa Leuwigede untuk menindak lanjuti permasalahan tentang tablet Fe sebagai asuhan data dasar untuk meningkatkan pengetahuan ibu dengan cara melakukan penyuluhan kepada ibu hamil tentang berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ibu hamil mempunyai pengetahuan yang baik tentang tablet Fe. Diharapkan ibu hamil dapat meningkatkan pengetahuan dengan cara melakukan hadir mengikuti penyuluhan tentang manfaat dan efek samping pemberian tablet Fe.
Vianty Mandasari
Riyanto - Personal Name
Uswatun Hasanah - Personal Name
Vianty Mandasari - Personal Name
610.5 MAN p
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...