Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester III tentang ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sliyeg Kabupaten Indramayu Tahun 2014


ASI Eksklusif adalah bayi hanya di beri ASI saja selama 6 bulan, tanpa tambahan cairan dan makanan padat lain selain ASI. Namun tidak semua ibu hamil dapat memahami dan mengetahui tentang ASI eksklusif, ada juga ibu hamil yang memahami dan mengetahui tentang ASI eksklusif yaitu mengenai pengertian dan manfaat ASI eksklusif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Juni 2014 melalui wawancara terhadap 7 dari 10 ibu hamil primigravida trimester III di wilayah kerja Puskesmas Sliyeg mengatakan belum mengetahui tentang ASI eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu primigravida trimester III tentang ASI eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Sliyeg kabupaten Indramayu.
Jenis penelitan adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah ibu primigravida trimester III yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Sliyeg yang berjumlah 33 orang dan penentuan jumah sampel menggunakan teknik total populasi yaitu sebanyak 33 responden. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan ibu primigravida trimester III tentang ASI eksklusif dengan sub variabel pengetahuan ibu primigravida trimester III tentang pengertian ASI eksklusif dan manfaat ASI eksklusif. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan ibu primigravida trimester III tentang ASI eksklusif (49%) termasuk kategori cukup, pengetahuan ibu primigravida trimester III tentang pengertian ASI eksklusif (52%) termasuk kategori cukup dan pengetahuan ibu primigravida tentang manfaat ASI eksklusif (43%) dengan kategori baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pengetahuan ibu primigravida trimester III tentang ASI eksklusif termasuk kategori cukup. Saran dari hasil penelitian ini adalah menambah informasi, konseling, penyuluhan dan usaha meningkatkan pengetahuan primigravida trimester III tentang ASI eksklusif yang dilakukan oleh tenaga kesehatan khususnya bidan desa untuk menganjurkan ibu menyusui secara eksklusif.
Yuyun Yunita
Kamsari - Personal Name
Meran Dewina - Personal Name
Yuyun Yunita - Personal Name
610.5 YUN g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...