Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Remaja Putri tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Desa Tipar Kecamatan Kandanghaur Tahun 2014


Kanker merupakan penyebab kematian nomor 2 setelah penyakit kardiovaskuler dan angka penyakit kanker tertinggi yang diderita wanita Indonesia adalah kanker payudara dengan angka kejadian 26 per 100.000 perempuan. Pada tahun 2013 di RSUD Indramayu menunjukan bahwa angka wanita yang terkena kanker payudara sebanyak 48 orang, 4 orang di antaranya berasal dari Kecamatan Kandanghaur dan salah satu dari 4 orang tersebut berasal dari Desa Tipar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan remaja putri tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).
Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, penelitian dengan metode ini bertujuan untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif, populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri Desa Tipar Rw 07 Kecamatan Kandanghaur sejumlah 61 remaja putri, tehnik sampling yang di gunakan adalah total sampling, pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket berupa kuesioner berisi 20 pernyataan.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gambaran pengetahuan remaja putri tentang SADARI 52,46 % responden dalam kategori kurang. Diketahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang pengertian SADARI 48 % termasuk dalam kategori kurang. Diketahui gambaran pengetahuan remaja putri tentang tujuan SADARI 51 % termasuk kategori kurang. Diketahui bahwa pengetahuan remaja putri tentang waktu pelaksanaan SADARI 74 % termasuk dalam kategori kurang. Diketahui bahwa pengetahuan remaja putri tentang langkah-langkah SADARI 57 % termasuk kategori kurang.
Peneliti menyarankan adanya upaya dari remaja putri untuk dapat meningkatkan pengetahuan dengan mencari informasi tentang SADARI melalui media cetak, media elektronik, atau petugas kesehatan setempat dan memahami informasi yang sudah di dapatkan.
Iis Nurhasanah
Yati Nurhayati - Personal Name
Iis Nurhasanah - Personal Name
Turmin - Personal Name
610.5 NUR g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...