Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Pengetahuan Ibu yang mempunyai Bayi Usia 0-6 Bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Penyindangan Wetan Wilayah Kerja Puskesmas Sindang Kabupaten Indramayu Tahun 2014


ASI Eksklusif merupakan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Panyindangan Wetan pada tanggal 18 Februari 2014 dengan melakukan wawancara terhadap 10 ibu yang mempunyai bayi 0-6 bulan didapatkan 8 ibu menjawab bahwa mereka tidak mengetahui tentang pentingnya ASI Eksklusif sedangkan 2 ibu lainnya menjawab mengetahui pentingnya ASI Eksklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Ibu Yang Mempunyai Bayi Usia 0-6 Bulan Tentang ASI Eksklusif Di Desa Panyindangan Wetan Wilayah Kerja Puskesmas Sindang Kabupaten Indramayu Tahun 2014.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan populasi dan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yaitu sebanyak 37 ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan, instrument yang digunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada pengertian ASI Eksklusif sebagian besaribu bayi (48.64%) responden termasuk katagori kurang, berdasarkan manfaat ASI Eksklusif sebagian besar ibu bayi (45.94%) responden termasuk katagori kurang, berdasarkan komposisi ASI Eksklusif sebagian besar ibu bayi (59.45%) responden termasuk katagori kurang, berdasarkan waktu pemberian ASI Eksklusif sebagian besar ibu bayi (56.75%) responden termasuk katagori kurang, berdasarkan teknik menyusui ASI Eksklusif sebagian besar ibu bayi (64.86%) responden termasuk katagori kurang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif masih dalam katagori kurang. Saran dari penelitian ini diharapkan kepada responden tetap memberikan ASI Eksklusif pada bayinya sampai usia 6 bulan tanpa memberikan makanan tambahan lain, dan untuk meningkatkan pengetahuan khususnya tentang ASI Eksklusif. Dan untuk Instansi Pelayanan Kesehatan untuk lebih meningkatkan lagi promosi kesehatan terutama dalam penyebaran informasi kepada masyarakat khususnya ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan.
Ratna Susilawati
Bachtiar Efendi - Personal Name
Mayang Chyntaka - Personal Name
Ratna Susilawati - Personal Name
610.5 SUS g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...