Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran pengetahuan Ibu yang mempunyai Bayi Usia 0-6 Bulan tentang ASI Eksklusif di Desa Karanganyar Wilayah kerja Puskesmas Pasekan Kabupaten Indramayu Tahun 2014


ASI Eksklusif adalah menyusui bayi secara murni, artinya bayi hanya diberi ASI saja selama 6 bulan tanpa tambahan cairan apapun. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap 10 ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI eksklusif didapat 2 orang ibu mengatakan mengetahui tentang manfaat ASI eksklusif. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI Eksklusif. Manfaat penelitian sebagai bentuk dokumentasi yang dapat dijadikan sumber informasi dan data dasar untuk studi pendahuluan pada penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan ASI Eksklusif.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan yaitu sebanyak 28 orang dan sempel penelitian menggunakan teknik total populasi. Instrument penelitian menggunakan kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengetahuan ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan tentang ASI Eksklusif termasuk kategori cukup yaitu sebesar 57,1%. Tingkat pengetahuan tentang pengertian ASI Eksklusif kategori cukup yaitu sebesar 64,3%. Tingkat pengetahuan tentang manfaat ASI Eksklusif kategori kurang yaitu sebesar 64,3%. Tingkat pengetahuan tentang komposisi ASI kategori kurang yaitu sebesar 50%. Tingkat pengetahuan tentang waktu pemberian ASI kategori kurang yaitu sebesar 46,5%. Dan tingkat pengetahuan tentang teknik menyusui bayi dengan benar kategori kurang yaitu sebesar 50%.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif termasuk kategori cukup sebesar 57,1% dan kategori baik sebesar 14,3%. Saran yang diberikan kepada ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan diharapkan dengan adanya penelitian ini ibu dapat memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya nanti.
Mimik Fauziah
Bachtiar Efendi - Personal Name
Mayang Chyntaka - Personal Name
Mimik Fauziah - Personal Name
610.5 FAU g
610.5
Tugas Akhir Kebidanan
Indonesia
STIKes Indramayu
2014
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...