Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Penderita TB Paru BTA Positif dalam Pencegahan Penularan Tuberkolosis Di wilayah Kerja Puskesmas Ciasem Kabupaten Subang Tahun 2019


Tuberkulosis adalah suatu penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang berbagai organ,terutama paru-paru. Tingginya angka kasus tuberkulosis berkaitan dengan perilaku kesehatan individu, pengetahuan dan sikap penderita merupakan faktor yang sangat penting dalam membentuk perilaku pencegahan penularan tuberkulosis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan perilaku penderita tuberkulosis paru BTA positif dalam pencegahan penularan tuberkulosis di wilayah kerja Puskesmas Ciasem Kabupaten Subang tahun 2019.
Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional.
Total populasi dalam penelitian ini yaitu 29 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan (p=0,018), sikap (p=0,002) dengan perilaku penderita tuberkulosis paru BTA positif dalam pencegahan penularan tuberkulosis. Untuk itu perlu dilakukan penyuluhan kesehatan dan kampanye penanggulangan tuberkulosis dengan melibatkan masyarakat, lintas sektor, dan tokoh masyarakat lainnya serta memberikan informasi tentang tuberkulosis melalui media promosi lainnya.
Agil Akbar
Yadi Hidayat - Personal Name
Rudiansyah - Personal Name
Agil Akbar - Personal Name
610.5 AKB h
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...