Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Pemberian ASI eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Balongan Tahun 2019


Air Susu Ibu (ASI) eksklusif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan tanpa menambahkan atau mengganti dengan makanan atau minuman lain kecuali obat. Air Susu Ibu (ASI) eksklusif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan tanpa menambahkan atau mengganti dengan makanan atau minuman lain kecuali obat.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di wilayah Kerja Puskesmas Balongan Kabupaten Indramayu Tahun 2019.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian Cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu balita di wilayah kerja puskesmas balongan sebanyak 326 orang. Uji hubungan dalam penelitian ini adalah variabel bebas (faktor predisposisi, faktor pemungkin, faktor penguat) dengan variabel terikat (Perilaku pemberian ASI eksklusif) dilakukan dengan Uji Chi-Square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan pemberian ASI eksklusif dan tidak ada hubungan yang bermakna antara sikap dengan pemberian ASI eksklusif.
Simpulan penelitian ini faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam memberikan ASI eksklusif yaitu pengetahuan, dan faktor yang tidak berhubungan dengan perilaku ibu dalam pemberian ASI eksklusif yaitu sikap. Saran untuk Puskesmas Balongan, memberikan edukasi tentang ASI eksklusif pada suami, dan keluarga ibu guna mendukung dan memotivasi ibu dalam memberikan ASI eksklusif. Mendukung serta memonitoring kegiatan yang dilaksanakan masyarakat khususnya dalam hal peningkatan cakupan ASI seperti komunitas Mendukung ASI eksklusif (MAE).
Husnusy Syahriyah
Muhamad Fauzi - Personal Name
Yadi Hidayat - Personal Name
Husnusy Syahriyah - Personal Name
610.5 SYA h
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...