Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Perilaku Pencegahan Pneumonia Pada Balita Di Desa Jatibarang Baru Tahun 2019


Desa Jatibarang Baru merupakan wilayah kerja Puskesmas jatibarang yang kasus pneumonianya tinggi terdapat 1.725 dengan persentase 345,9%. Pneumonia bisa terjadi karena beberapa faktor yaitu imunisasi tidak lengkap, gizi kurang, BBLR, dan tingkat pendidiksn ibu rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pencegahan pneumonia pada balita. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan Cross Sectional. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 612 ibu balita dan penentuan sampel menggunakan rumus slovin dan didapat sebanyak 242 ibu balita. Uji hubungan antara variabel bebas pengetahuan dan sikap ibu balita dengan variabel terikat perilaku pencegahan pneumonia pada balita dilakukan dengan Uji Chi-Square. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan dalam pengambilan data menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini penelitian menunjukan ada hubungan antara pengetahuan ibu balita dengan perilaku pencegahan pneumonia dengan nilai p=0,000, ada hubungan antara sikap ibu balita dengan perilaku pencegahan pneumonia dengan nilai p=0,000. Simpulan ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan perilaku pencegahan pneumonia pada balita. Disarankan Memberikan informasi dengan menggunakan Metode yang dapat dilakukan penyuluhan yang intensif melalui brosur, leaflet dan audio visual oleh petugas kesehatan maupun kader pada saat melakukan kegiatan posyandu dengan komunikatif dan kooperatif serta membuat jadwal penyuluhan yang terstruktur.
Intan Sulastri
Setyo Dwi Widyastuti - Personal Name
Depi Yulyanti - Personal Name
Intan Sulastri - Personal Name
610.5 SUL h
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...