Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Pedagang Jajanan Kaki Lima Dengan Praktik Hygiene Makanan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kaplongan Tahun 2019


Makanan jajanan kaki lima menurut Kepmenkes tahun 2003 adalah makanan dan minuman yang diolah oleh pengrajin makanan di tempat penjualan dan atau disajikan sebagai makanan siap santap untuk dijual bagi umum selain yang disajikan jasa boga, rumah makan/restourant, dan hotel. Penjamah makanan atau pedagang jajanan kaki lima berkewajiban memiliki pengetahuan mengenai hygiene makanan dari mulai gizi sampai dengan soal pedoman persyaratan hygiene makanan dan wajib mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap pedagang jajanan kaki lima dengan praktik hygiene makanan di Wilayah kerja Puskesmas Kaplongan tahun 2019.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah pedagang jajanan kaki lima yang menjual gorengan di Wilayah kerja Puskesmas Kaplongan sebanyak 100 orang. Uji hubungan dalam penelitian ini adalah Uji Chi-Square.
Hasil penelitian di Wilayah kerja puskesmas Kaplongan tahun 2019 adalah 38,0 % responden berumur 22-40 tahun, responden memiliki tingkat pendidikan 45,0 % tidak sekolah dengan lama berjualan 6 – 10 tahun dan diketahui bahwa 59,0 % responden mendapat penyuluhan petugas Puskesmas.
Simpulan penelitian ini faktor yang menghubungkan pengetahuan dan sikap pedagang dengan praktik hygiene makanan adalah pengetahuan kurang dan sikap pedagang yang tidak mendukung dalam melakukan praktik hygiene. Gambaran praktik pedagang dengan hygiene makanan adalah gambaran pengetahuan, sikap dan hasil observasi pada pedagang jajanan kaki lima di Wilayah kerja Puskesmas Kaplongan pada persoalan ini diharapkan Puskesmas dapat lebih meningkatkan sistem monitoring, sosialisasi, dan evaluasi secara rutin.
Nur Fadilah
Muhamad Fauzi - Personal Name
Wahyudin - Personal Name
Nur Fadilah - Personal Name
610.5 FAD H
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...