Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan, Sikap Keluarga Dan Klien Dengan Kejadian Diare Di Puskesmas Kertasmaya Kabupaten Indramayu Tahun 2019


Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu diketahui bahwa terjadi peningkatan kejadian diare di Puskesmas Kertasemaya dalam 3 tahun berturut-turut, pada tahun 2016 berjumlah 1.113, tahun 2017 berjumlah 1.113 dan ditahun 2018 mengalami kenaikan dengan jumlah 1.124 penderita. Diwilayah kerja Puskesmas Kertasemaya penyakit diare termasuk dalam urutan lima besar penyakit.
Hal ini berkaitan dengan data status Pendidikan masyarakat Kertasemaya berpendidikan sekolah dasar. Maka tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap keluarga dan klien dengan kejadian diare di Puskesmas Kertasemaya tahun 2019. Penelitian ini menggunkan metode study analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga dan klien yang datang berobat ke pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan sampel sebanyak 50 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis bivariat dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji statistik Chi-Square Test dengan confident interval (CI) 95% atau α = 0,05. Dari hasil analasis bivariat diketahui bahwa pengetahuan keluarga dan klien tentang penyakit diare lebih dari setengahnya dikategorikan kurang baik, sikap keluarga dan klien tentang penyakit diare lebih dari setengahnya dikategorikan tidak mendukung. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa dari ke dua variabel yaitu pengetahuan dan sikap ada hubungan terhadap kejadian diare. Keluarga dan Klien diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang diare, mempunyai sikap positif tentang diare dan memberikan cairan dehidrasi pada keluarganya diare.
Nursarih
Muhamad Fauzi - Personal Name
Retno Susanto - Personal Name
Nursarih - Personal Name
610.5 NUR H
610.5
Skripsi Kesehatan Masyarakat
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...