Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Penerapan Proses Keperawatan Di Ruang Cengkir 1 RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2019


Proses keperawatan adalah suatu metode yang sistematis untuk mengkaji respons manusia terhadap masalah-masalah kesehatan dan membuat rencana keperawatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Proses keperawatan merupakan suatu metode bagi perawat untuk memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Karakteristik enam proses keperawatan yaitu pengumpulan data/pengkajian keperawatan, diagnosis keperawatan, perencanaan, implementasi, evaluasi, dan Dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan proses keperawatan di Ruang Cengkir 1 RSUD Kabupaten Indramayu.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat yang ada di ruang cengkir 1 RSUD Kabupaten Indramayu, dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan total populasi yaitu sebanyak 12 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pengkajian pasien dalam kategori baik sebanyak 8 (66,7%), perawat dalam melaksanakan diagnosa keperawatan pada pasien dalam kategori baik sebanyak 11 (91,7%), perawat dalam melaksanakan Perencanaan keperawatan pada pasien dalam kategori baik sebanyak 9 (75,0%), seluruh perawat dalam melaksanakan evaluasi keperawatan pada pasien dalam kategori baik (100,0%), seluruh perawat dalam melaksanakan evaluasi keperawatan pada pasien dalam kategori baik (100,0%), Didapatkan bahwa sebagian (50,0%) perawat dalam melaksanakan pendokumentasian keperawatan pada pasien dalam kategori baik.
Simpulan penelitian ini adalah gambaran penerapan proses keperawatan di Ruang Cengkir 1 RSUD Kabupaten Indramayu sudah baik. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapakan hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mangadakan penelitian lanjutan mengenai faktor yang berhubungan dengan penerapan proses keperawatan.
Caci Meliawati
M. Saefulloh - Personal Name
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Caci Meliawati - Personal Name
610.5 MEL g
610.5
Skripsi Keperawatan
Indonesia
STIKes Indramayu
2019
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...