Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi Pada Lansia


Lansia adalah seseorang yang memasuki usia 60 tahun keatas. lansia biasanya cenderung mengalami depresi sehinggadukungan keluarga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kulaitas hidup lansia agar kejadian depresi pada lansia dapat diminimalkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi pada Lansia.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review.Pencarian melalui Google Scholar dan seleksi literatur berdasarkan menggunakanPrefered Reporting Items for Systematic Reviews &Meta-analyses (PRISMA). Proses identifikasi literatur menggunakan kata kunci yang relevan serta populasi dalam penelitian yaitu lansia yang bersedia menjadi responden dengan sampel sebanyak 30 lansia. Hasil penelitian 10 literatur menunjukan bahwa hanya terdapat 9 literatur menunjukan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat depresi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada 9 artikel terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat depresi pada lansia.Saran keluarga mampu memberikan dukungan dan motivasi agar lansia tetap sehat dan mampu meningkatkan kualitas hidup sehingga terhindar dari depresi.


Aniti
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Bestina Nindy V - Personal Name
Aniti - Personal Name
610.5 ANI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...