Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan kepatuhan diet rendah garam dengan tekanan darah pada penderita hipertensi


Diet rendah garam merupakan salah satu terapi non farmakologi yang dilakukan oleh penderita hipertensi untuk mengontrol tekanan darah. Keberhasilan terapi dipengaruhi banyak faktor diantaranya kesadaran diri dari penderita hipertensi itu sendiri sehingga dalam menjalankan diet rendah garam diperlukan kepatuhan dari penderita hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepatuhan diet rendah garam dengan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Penelitaian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi artikel berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic Review & Meta- analysis (PRISMA), arikel didapat secara online melalui Google Scholar, dan DOAJ. Hasil penelusuran diambil 9 artikel.
Hasil penelitian yang dilakukan pada 9 artikel atau jurnal terdapat 6 jurnal yang menyimpulkan ada hubungan antara kepatuhan diet dengan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan kepatuhan diet rendah garam dengan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Saran bagi penderita hipertensi untuk meningkatkan kepatuhan diet rendah garam sehingga dapat mengontrol tekanan darahnya.

Arlis Olivia Afrilianti
Riyanto - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Arlis Olivia Afrilianti - Personal Name
610.5 AFR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...