Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor risiko terjadinya hipertensi intradialisis pada pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisa


Hipertensi intradialisis merupakan peningkatan tekanan darah selama proses hemodialisis atau dari pra-dialisis ke pasca-dialisis. Hipertensi intradialisis merupakan penyulit terbanyak pada saat hemodialisis sebesar 36%. Dampak hipertensi intradialisis perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas. Beberapa penelitian telah mengidentifikasi faktor risiko terjadinya hipertensi intradialisis, namun belum ada penelitian yang mengulas secara khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko terjadinya hipertensi intradialisis khususnya usia, lama hemodialisis, Quick of Blood (QB), dan Interdialytic Weight Gain (IDWG) pada pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisis.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian dan seleksi literatur berdasarkan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Proses identifikasi literatur menggunakan kata kunci yang relavan.
Hasil penelitian dari 10 literatur menunjukan QBberhubungan dengan hipertensi intradialisis, sedangkan usia, lama hemodialisis, dan IDWG tidak berhubungan dengan hipertensi intradialisis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa QB adalah faktor risiko yang berhubungan dengan hipertensi intradialisis. Saran pada penelitian selanjutnya untuk meneliti faktor lainnya dengan metode literature review.


Ayu Ana Hanjani
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Eka Juwita H - Personal Name
Ayu Ana Hanjani - Personal Name
610.5 HAN f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...