Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Perilaku Pencegah Penularan Tuberkulosis Paru


Perilaku pencegahan penularan tuberkulosis paru merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh penderita TB paru dalam upaya pencegahan penularan TB paru. Perilaku pencegahan yang tidak dilakukan oleh penderita akan beresiko menyebabkan penularan pada masyarakat luas. Selain itu angka kenaikan kasus penderita TB paru dan angka kematian di Indonesia akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku pencegahan penularan tuberkulosis paru.
Penelitian ini menggunakan metode literature review. Sumber literatur berasal dari Google scholar dan DOAJ (Directly of Open Access Journals). Populasi pada penelitian ini adalah penderita TB paru dengan besar sampel minimal 30 responden. Prosedur pencarian dan seleksi literatur menggunakan Prefered Reporting Items for Systematic Reviews & Metaanalysis (PRISMA). Pada penelitian ini, ada 8 literatur yang dilakukan review.
Hasil reviewdari 8 artikelditemukan 5 artikel (62,2%) responden memiliki perilaku pencegahan penularan yang baik dan 3 artikel (37,5%) responden memiliki perilaku pencegahan penularan TB paru dalam kategori kurang. Dapat disimpulkan dari 8 artikel yang telah direview sebagaian besar responden memiliki perilaku pencegahan penularan TB paru dalam kategori baik.
Saran bagi institusi pelayanan kesehatan diharapkan dapat memberikan penyuluhan mengenai perilaku pencegahan TB paru, agar informasi yang diperoleh dapat meningkatkan pengetahuan responden, guna memaksimalkan pentingnya pencegahan penyakit TB Paru untuk meningkatkan derajat kesehatan dan dapat meningkatkan kualitas sarana kesehatan serta fasilitasnya supaya penderita dapat memanfaatkan sarana dengan optimal dan tidak adanya keterbatasan.

Ismaya Nursitiyaya
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Wenny Nugraharti Carsita - Personal Name
Ismaya Nursitiyaya - Personal Name
610.5 NUR g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...