Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Penularan Pada Penderita TB Paru


Pendahuluan: Kurangnya pengetahuan penderita TB Paru tentang cara penularan, bahaya dan cara pengobatan akan berpengaruh terhadap perilaku pencegahan penularan pada penderita TB Paru. Pencegahan dilakukan untuk menurunkan angka penularan penyakit TB Paru terhadap orang-orang lingkungan sekitar.
Tujuan:Untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan penularan pada penderita TB Paru.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan desain penelitian cross sectional. sumber yang digunakan untuk mengumpulkan literature adalah search engine seperti google scholar, portal garuda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita TB Paru dengan jumlah sampel minimal 30.Hasil:Hasil penelitian terhadap 8 literature menunjukkan bahwa sebagian besar penderita TB Paru memiliki pengetahuan dan perilaku pencegahan penularan TB Paruyang masih rendah. Selain itu dari 8 literature yang direview, 7 literature menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan penularan TB Paru.
Kesimpulan:Ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan penularan TB Paru.
Saran:Saran ditujukan padaperawat untuk meningkatkan upaya promotif yaitu pendidikan kesehatan kepada masyarakat terutama penderita TB Paru dan keluarga agar tingkat pengetahuan mereka semakin berkembang mengenai penyakit TB Paru sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Syahrul Diaz Ramadhan
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Syahrul Diaz Ramadhan - Personal Name
610.5 RAM h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...