Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Terjadinya Ulkus Kaki Diabetik Pada Penderita Diabetes Melitus


Pengetahuan merupakan hasil dari tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu.perilaku adalah suatu aktivitas makhluk hidup yang bersangkutan terbentuk dari dua faktor yaitu adanya stimulus dan respon. Salah satu upaya pencegahan kaki diabetik adalah perawatan kaki yang harus dilakukan secara mandiri. Perawatan kaki dapat dilakukan dengan cara periksa kaki setiap hari, mencuci kaki setiap hari, menjaga kaki agar tetap lembut dan halus, memotong kuku yang benar untuk mengurangi risiko terjadinya pertumbuhan kuku kedalam, pemakain alas kaki yang baik. Ulkus adalah luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput lendir dan ulkus adalah kematian jaringan yang luas dan disertai invasif kuman saprofit.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan terjadinya ulkus kaki diabetik pada penderita diabetes melitus.
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review.Pencarian artikel dilakukan secara online seperti Google Scholar.Dari hasil penelurusan diambil 7 artikel.
Hasil penelitian terhadap 7literature menunjukan bahwa sebagian besar penderita diabetes melitus memiliki pengetahuan yang baik terkait ulkus kaki diabetik.Sebanyak 2 literature menunjukan perilaku pencegahan ulkus kaki diabetik sudah baik.Hasil didapatkan ada hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan terjadinya ulkus kaki diabetik pada penderita DM
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengetahuan merupakan salah satu faktor yang memicu penderita DM untuk menerapkan perilaku pencegahan terjadinya ulkus kaki diabetik. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu tentang bagaimana pencegahan ulkus kaki diabetik pada penderita DM agar tidak sampai terjadinya ulkus kaki diabetik dan edukasi bagaimana cara perawatan luka diabetik.

Teti Ismayati
Muhammad Saefulloh - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Teti Ismayati - Personal Name
610.5 ISM h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...