Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Pemberian Asi Eksklusif Dengan Kejadian Stunting Pada BAlita


Stunting merupakan permasalan gizi secara global termasuk di Indonesia yang merupakan Negara ke lima dengan angka kejadian stunting tertinggi. Stunting terjadi akibat kekurangan gizi kronis yang berkepanjangan terutama pada 1000 hari pertama kehidupan akibatnya tinggi badan anak terlalu pendek untuk usianya. Pemenuhan gizi dimulai sejak bayi dalam kandungan dan setelah lahir. Pemenuhan gizi bayi baru lahir adalah dengan cara memberikan ASI Eksklusif dan merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab stunting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian ASI Eksklusif dengan kejadian stunting pada balita.
Penelitian ini menggunkan metode systematic literature review, penelusuran artikel (2015-2020), jenis penelitian primer, dan artikel di telusuri menggunakan Google Scholar, Garuda, EBSCO, Yahoo Search. Dari 12 junal semuanya menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah ibu dan balita dengan jumlah sampel minimal 30 responden.
Hasil penelitian berdasarkan 12 jurnal didapatkan hasil dari 10 jurnal bahwa ASI Eksklusif merupakan faktor yang menjadi penyebab terjadinya stunting pada balita dan 2 jurnal lainnya didapatan hasil ASI Eksklusif bukan faktor yang menjadi penyebab terjadinya stunting. Kesimpulan: dari 10 jurnal terdapat hubungan pemberian ASI Eksklusif dengan kejadian stunting pada balita dengan p value
Yunita Fatimah
Kitri Hikmawati - Personal Name
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Yunita Fatimah - Personal Name
610.5 FAT h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...