Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Faktor Risiko Yang Dapat Dirubah Pada Kejadian Hipertensi


Hipertensiadalah tekanandarahlebih140/90 mmhg.Faktoryangmempengaruhihipertensiyaitufaktortidakdapatdirubah danfaktor yangdapatdirubah.Tingginya angka kejadianhipertensi,mungkin disebabkan karena gaya hidup “life style” yang kurang baik. Tujuan penelitian, mengetahui faktorrisikoyangdapatdirubahpada kejadianhipertensi.
Metodeliteraturereviewmenggunakansystematic literature review.Artikel dipilih melalui skrining sesuai kriteria inklusi dan eksklusi.Batasan tahun terbit artikel dari 2010 s.d 2020. Sampel penelitian yang digunakan minimal 30 responden.Dengan kata kuncihipertensi,faktorrisikodankejadianhipertensi.
Hasil penelitian dari 10 artikel menunjukan konsumsi tinggi garam, stress, aktifitas fisik berhubungan dengan kejadian hipertensi, sedangkan konsumsi lemak tidak berhubungan dengan kejadian hipetensi.
Kesimpulanfaktorrisikoyangdapatdirubahkonsumsitinggi garam, kurang aktifitas fisik danstres dapat meningkatkan kejadian hipertensi.Saran bagi perawatmaupuntenaga kesehatanyanglainuntukmemberikanpendidikan kesehatanmengenaifaktorrisikoterjadinya hipertensisehinggadapat meminimalisirkejadian hipertensi.

Adi Asariyana
Wayunah - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Adi Asariyana - Personal Name
610.5 ASA a
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...