Detail Cantuman Kembali

XML

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Periksa Payudara Sendiri Pada Wanita Uisa Subur (WUS)


Wanita usia subur (WUS) adalah wanita yang keadaan organ reproduktifnya berfungsi dengan baik antara umur 20-45 tahun, akan tetapi sangat rentan sekali mengalami berbagai penyakit, seperti endomertiosis, miom, infeksi HIV/AIDS, kanker ovarium, kanker serviks dan bahkan kanker payudara. Terdapat penelitian-penelitian tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan SADARI di Indonesia masih rendah untuk melakukan SADARI. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan periksa payudara sendiri pada wanita usia subur (WUS).
Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Pencarian artikel dilakukan secara online seperti Google Scholer dan Portal Garuda. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain Cross Sectional. Populasi yaitu wanita usia subur (WUS). Sampel sebanyak kurang dari 30 responden. Dari hasil penelusuran diambil 10 artikel.
Hasil dari penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan periksa payudara sendiri pada wanita usia subur (WUS) yaitu pengetahuan, sikap, sumber informasi, dukungan orang tua, umur, dan riwayat penyakit keluarga.
Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan, sikap, sumber informasi, dukungan orang tua, umur, dan riwayat penyakit keluarga. Berdasarkan kesimpulan diatas diharapkan bagi perawat maupun tenaga kesehatan yang lain untuk memberikan upaya promotif dan preventif dengan cara mengajarkan bagaimana pencegahan kanker payudara dengan sadari untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan periksa payudara sendiri pada wanita usia subur (WUS).


Atikah Nurjannah
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Eleni Kenanga P - Personal Name
Atikah Nurjannah - Personal Name
610.5 NUR f
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2020
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...