Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Kepatuhan Minum Obat Dengan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II


DM Tipe II yang tidak terkontrol akan menyebabkan timbulnya komplikasi. Komplikasi ini dapat dicegah dengan menjaga kestabilan kadar gula darah. Faktor yang berperan dalam kegagalan mengontrol kadar gula darah adalah kepatuhan minum obat. Kepatuhan minum obat ini menjadi masalah penting dalam pengelolaan penyakit DM, keberhasilan dalam terapi farmakologis dipengaruhi oleh kepatuhan penderita menjalani terapi. Ketidakpatuhan pengobatan penderita DM dapat dikaitkan dengan peningkatan jumlah pasien rawat inap dan meningkatnya angka mortalitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus tipe II.
Metode penelitianini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021.
Hasil penelitian berdasarkan dari 9 artikel, didapatkan bahwa terdapat hubungan antara kepatuhan minum obat dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus tipe II dengan nilai p value < a (0,05). kepatuhan sangat erta hubungannya dengan kadar gula darah. Semakin tinggi tingkat kepatuhan maka kadar gula darah akan turun, sebaliknya semakin rendah tingkat kepatuhan maka kadar gula darah akan tetapntinggi
Kesimpulannya kepatuhan minum obat berhubungan dengan kadar gula darah penderita diabetes mellitus tipe II.
Saran ditujukan untuk perawat agar dapat memberikan edukasi mengenai kepatuhan minum obat untuk mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes mellitus.

Aan Milayanti
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Ridho Kunto P - Personal Name
Aan Milayanti - Personal Name
610.5 MIL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...