Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dengan Pelaksanaan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada Mahasiswi Di STIKes Indramayu


Kanker payudara merupakan kanker yang paling sering terjadi pada perempuan. Salah satu pencegahannya dengan tindakan deteksi dini Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), tindakan ini sangat efektif digunakanuntuk mengurangi atau menekan prevalensi angka kejadian kanker payudara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kanker payudara dengan pelaksanaanPemeriksaan Payudara sendiri (SADARI) pada mahasiswi Di STIKes Indramayu.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian analitik Korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian mahasiswi Program Studi Sarjana Keperawatan Semester VI dan VIII Di STIKes Indramayu yaitu sebanyak 121 orang menggunakan metode probability samplingdengan teknik total sampling.
Hasil penelitian ini berdasarkan tingkat pengetahuan cukup tentang kanker sebanyak 89(73,6%) mahasiswi dan sebanyak 114 (94,2%) pernah melaksanakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). P- Value 0,032
Kesimpulan pada penelitian ada hubungan tingkat pengetahuan tentang kanker payudara dengan pelaksanaan Pemeriksaan payudara Sendiri (SADARI) pada mahasiswi Di STIKes Indramayu. Saran ditujukan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai fakor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada mahasiswi.

Frida Fairuzziyah
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Frida Fairuzziyah - Personal Name
610.5 FAI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...