Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Pelatihan Resusitas Jantung Paru (PJP) Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa


Resusitasi Jantung Paru (RJP) dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan dan mempertahankan fungsi organ penting pada korban dengan henti jantung dan henti nafas. Apabila henti jantung terjadi di luar area Rumah Sakit, maka perlu peran serta masyarakat dalam menangani kasus tersebut, salah satunya adalah siswa. Pelatihan resusitasi jantung paru (RJP) pada siswa SMA sederajat dapatmenambah wawasan dan pengetahuan bagi parasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP) terhadap tingkat pengetahian siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011-2021. Populasi dalam penelitaian ini adalah siswa SMA sederajat. Dengan sampel minimal 24 responden.
Hasil penelitian berdasarkan 4 artikel penelitian yang didapatkan bahwa pengaruh pelatihan RJP terhadap tingkat pengetahuan siswa terdapat ada pengaruh pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pelatihan RJP dengan hasil uji statistic menunjukan p-value < 0,05.
Kesimpulan penelitian seluruh artikel ada pengaruh pelatihan Resusitasi Jantung Paru (RJP) terhadap pengetahuan Siswa. Saran ditunjukkan pada siswa agar dapat menambah wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dalam melakukan tindakan resusitasi jantung paru pada pasien henti jantung dan henti nafas.

Mia Astuti
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Novi Dwi Irmawati - Personal Name
Mia Astuti - Personal Name
610.5 AST p
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...