Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Efikasi Diri Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Tuberkulosis Paru


Tuberkulosisdisebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Penyakit TB perlu dilakukan pengobatanyang panjang, apabila penderita tidak mematuhi pengobatannya maka akan menyebabkan terjadinya resisten terhadap OAT, akibatnya pengobatan harus diulang dan akan semakin sulit hingga mengakibatkan kematian. Oleh karena itu dibutuhkan kepatuhan dari penderita dalam pengobatannya, salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan adalahselfefficacy. Pasien TB yang memiliki efikasi diri tinggi akan memiliki keyakinan untuk rutin minum obat dan sembuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kepatuhan minum obat pasien tuberkulosis paru.
Metode penelitianmenggunakan metodesystematicliterature review.Artikel dipilih melalui skrinning sesuai kriteria insklusi dan eksklusi meliputi metode Cross Sectional. Batasan tahun terbit artikel dari tahun 2011-2021.
Hasil penelitian berdasarkan dari 6 artikel, didapatkan bahwa terdapat hubungan efikasi diri dengan kepatuhan minum obat pasien tuberkulosisdengan nilai p value < α (0,05).
Kesimpulannya adalah efikasi diriyang tinggi dapat mepengaruhi kepatuhan pengobatan pasien tuberkulosis. Saran bagi petugas kesehatan, diharapkan terus memberikan dukungan kepada pasien tuberkulosis dalam menjalankan pengobatannyaagar pasien tuberkulosis memiliki efikasi diri yang tinggi sehingga pasien patuh dalam menjalani pengobatannya.


Nur Azizah
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Eka Juwita Handayani - Personal Name
Nur Azizah - Personal Name
610.5 AZI h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...