Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Keperawatan STIKes Indramayu


Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Kasus penyebaran Covid-19 ini semakin hari semakin meluas, dimana penyebarannya sangat bervariasi dan mudah di tularkan keorang lain, maka dari itu penerapan perilaku pencegahan Covid-19 sangat dianjurkan untuk menekan angka penyebaran Covid-19, namun tidak semua orang menerapkan perilaku pencegahan Covid-19 yang baik. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya gambaran pencegahan Covid-19 pada Mahasiswa keperawatan STIKes Indramayu.
Metode penelitian yang digunakan adalahkuantitatif, dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan di STIKes Indramayu, dengan jumlah sampel 171 mahasiswa, analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis univariat.Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner tentang perilaku pencegahan Covid-19
Hasil penelitian menunjukan karakteristik responden dilihat dari jenis kelamin diketahui bahwa 146 (85,4%)berjenis kelamin perempuan dan 25 (14,6%) berjenis kelamin laki-laki, dilihat dari umur didapatkan umur termuda 18 tahun dan umur tertua 24 tahun, hasil dari penelitian perilaku pencegahan Covid-19 didapatkan bahwa 3 (1,8%) responden melakukan perilaku pencegahan Covid yang negatif , dan 142 (83,0%) responden melakukan perilaku pencegahan Covid yang positif.
Simpulan dari penelitian ini bahwa perilaku pencegahan Covid-19 pada Mahasiswa Keperawatan STIKes Indramayu berperilaku positif/baik. Disarankan agar semua tenaga kesehatan maupun tenaga pendidikan untuk mempertahakan perilaku pencegahan Covid-19 yang positif, agar laju penyebaran Covid-19 dapat menurun.

Putri
Kitri Hikmawati - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Putri - Personal Name
610.5 PUT g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...