Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa


Gagal ginjal kronik (GGK) merupakan salah satu penyakit yang cenderung kronis dan menahun sehingga memerlukan waktu yang relatif lama. Penderita GGK diharuskan patuh terapi hemodialisa (HD) supaya tidakterjadi komplikasi. Salah satu fenomena yang sering terjadi pada pasien GGK adalah ketidakpatuhan dalam menjalankan diet karena lamanya HD yang mengakibatkan kondisi yang lebih parah.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiadanyahubungandukungankeluargadengankepatuhan diet pada pasienGGK yang menjalaniHD.
MetodepenelitianinimenggunakanmetodeSystematic Literature Review. Pencarian dan seleksiliteratureberdasarkanpreferred reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Artikeldipilihsesuaidengankriteriainklusi dan eksklusi. Batas tahunterbitartikelyaitudaritahun 2011 s.d 2021.
Hasilpenelitian berdasarkan7artikeldidapatkan 6 artikel terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien GGK yang menjalani HDnilai p value< 0,05 dan 1 artikel tidak adahubungandukungankeluargadengankepatuhan diet pada pasien GGK yang menjalaniHDnilai p value> 0,05.
Simpulan 6 artikel terdapat dukungan keluarga berhubungan dengan kepatuhan diet pada pasien GGK yang menjalani HD dan 1 artikel tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien GGK yang menjalani HD.Saran bagi perawat untuk melakukanedukasitekaitpentingnya faktor yang mempengaruhi kepatuhandiet pada pasienGGK yang menjalaniHD.

Siti Julaikha
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Siti Julaikha - Personal Name
610.5 JUL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...