Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Obesitas Dengan Kejadian Hipertensi


Hipertensi merupakan penyebab nomor 1 di dunia, data tahun 2010 di Amerika Serikat menunjukan bahwa 28,6% orang dewasa 18 tahun ke atas menderita hipertensi, angka kejadian hipertensi mencapai sekitar 25,8%, data hipertensi di Jawa Barat mencapai 29,4% dari seluruh jumlah penduduk usia ≥ 18 tahun. Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang sering ditemukan di masyarakat dan menyebabkan angka kesakitan yang tinggi. Penyebab hipertensi diantaranya adalah riwayat keluarga, usia, jenis kelamin, stress, nutrisi, konsumsi rokok dan obesitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan obesitas dengan kejadian hipertensi.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Artikel dipilih melalui skrining sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Batasan tahun terbit artikel yaitu dari tahun 2011 s.d 2021. Sampel penelitian yang digunakan minimal 30 responden. Dengan kata kunci hubungan obesitas, kejadian hipertensi. Populasi pada jurnal yang dilakukan litterature review adalah penderita hipertensi dan tidak hipertensi, penderita obesitas dan tidak obesitas.
Hasil : Berdasarkan 10 artikel penelitian yang dilakukanreview menunjukkan bahwa ada hubungan antara obesitas dengan kejadian hipertensi 9 artikel dan 1 artikel menunjukan hasil tidak ada hubungan antara obesitas dengan kejadian hipertensi.
Simpulan: ada hubungan antara obesitas dengan kejadian hipertensi. Saran bagi Pada penderita hipertensi dianjurkan untuk menjaga pola makan yang salah satunya agar tidak terjadi obesitas, karena obesitas dapat menyebabkan hipertensi dan dapat memicu penyakit yang lain.

Yopi Rahmat Darmawan
Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Ridho Kunto Prabowo - Personal Name
Yopi Rahmat Darmawan - Personal Name
610.5 DAR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2021
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...