Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Dukungan Keluarga Dengan self Care Pada Pasien Stroke Di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang


xiv+ 57Halaman + 9 Tabel + 10Lampiran
Stroke menjadi penyebab kematian terbesar setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker di negara-negara maju.Penyakit stroke memberi dampak yang dapatmempengaruhi aktivitas seseorang.Dukungan keluarga sangat berperan dalam suatu bentuk bantuan yang diberikan oleh anggota keluarga untuk memberikan kenyamanan pada penderita stroke.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan self carepada pasien stroke di wilayah kerja Puskesmas Jatibarang.
Penelitian ini merupakanPenelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total samplingyaitukeluarga pasien yang yang dengan merawat pasien dengan stroke sebanyak 81 penderita. Instrumen pada penelitian ini yaitu kuesioner dukungan keluarga dan self care. Analisis data yang di gunakan analisa univariat dan bivariat
Hasil penelitian di dapatkan bahwa dukungan keluarga 57 (70,4%) mendapat dukungan yang baik dan self care didapatkan sebanyak 53 (65,4%) responden tidak mandiri. Dari hasil uji chi square didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan self care pada pasien Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibarang dengan nilai p value 0,358.
Simpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan pada pasien stroke di wilayah kerja Puskesmas Jatibarang. Saran bagi melibatkan keluarga dalam memberikan perawatan diri pada pasien stroke.

Bahan bacaan :20 Buku, 31 Jurnal
kata kunci :Dukungan Keluarga, Self care, Stroke 

Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Eleni Kenanga Purbasary - Personal Name
Dwi Yulianti - Personal Name
610.5 YUL g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...