Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu


Stres merupakan salah satu faktor terjadinya hipertensi. Stres dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara interminten melalui aktivitas saraf simpatis sehingga dapat menimbulkan hipertensi.Tujuanpenelitian adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 95 lansia ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu kuesioner DASS 42 dan sphygmomanometer. Analisis univariat pada penelitian ini mendeskripsikan tentang tingkat stres dan kejadian hipertensi pada lansia. Analisis bivariat pada penelitian ini yaitu hubungan tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia. Datadianalisis menggunakan uji pearson chi square.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yangtidak mengalami stres atau normal sebanyak 88 (92.6%) responden, sedangkan responden yang mengalami hipertensi sebanyak 50 (52.6%) responden. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa nilai p-value = 0.080 (α = 0.05).
Kesimpulan tidak ada hubungan tingkat stres dengan kejadian hipertensi pada lansia. Saran bagi pelayanan kesehatan agar dapatmeningkatkan pelayanan kesehatan untuk lansia seperti Posyandu lansia dengan demikian hipertensi pada lansia dapat terkontrol.



Bahan bacaan : 33 Buku (2004-2016), 27 Jurnal (2007-2022), 19Website
Kata kunci : Hipertensi, Lansia, Stres


Kamsari - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Evi melita - Personal Name
610.5 MEL h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...