Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberculosis (OAT) Pada Pasien TB Paru Di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener


Kepatuhan minum obat merupakan fenomena yang cukup kompleks, mengingat banyaknya faktor yang dapat mempengaruhinya. Dukungan keluarga merupakan Faktor penting seseorang ketika menghadapi masalah kesehatan dan sebagai strategi preventif bagi setiap aspek perawatan, perawatan kesehatan anggota keluarganya untuk mencapai suatu keadaan sehat hingga tingkat optimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat anti Tuberculosis (OAT) pada pasien TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener Indramayu.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan retrospektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita TB yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener Indramayu pada tahun 2021 yang berjumlah 27 penderita. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian diketahui bahwa responden dengan dukungan keluarga yang mendukung sebanyak 16 (59,3%) responden, sedangkan dengan dukungan keluarga yang kurang mendukung sebanyak sebanyak 11 (40,7%) responden, responden yang patuh dalam minum obat sebanyak 26 (96,3%) responden, sedangkan responden yang kurang patuh dalam minum obat sebanyak 1 (3,7%) responden. Hasil uji hipotesis diketahui nilai p value 0,407 yang artinya tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat anti Tuberculosis (OAT) pada pasien TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener Indramayu.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat anti Tuberculosis (OAT) pada pasien TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Lohbener Indramayu. Saran pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian lanjut dengan metode yang berbeda atau dengan menggunakan pendekatan kualitatif

Riyanto - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Ilham tri Prasetyo - Personal Name
610.5 PRA h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...