Detail Cantuman Kembali

XML

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu


Penyakit hipertensi pada saat ini terdapat 600 juta penderita hipertensi di seluruh dunia, Adapun di seluruh Indonesia sebanyak 713.783 kasus. Banyaknya pasien yang mengalami kekambuhan dan menjalani perawatan di rumah sakit menunjukan bahwa masih kurangnya kepatuhan terhadap pengobatan, kepatuhan pengobatan adalah sangat penting dalam perawatan untuk mencapai tekanan darah yang terkontrol. Progresivitas hipertensi dapat diturunkan dengan beberapa faktor salah satunya dukungan keluarga yang berpengaruh positif dalam pengendalian penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita hipertensi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu. Sampel penelitian ini sebanyak 91 responden yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrument ini menggunakan lembar kuesioner. Analisa yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa 51 (56%) responden mendapat dukungan keluarga dan sebanyak 39 (56.0%) responden patuh dalam minum obat. Hasil uji bivariate didapatkan nilai P-value = 1.000 (α = 0,01).
Hasil : Tidak terdapat hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat di wilayah kerja Puskesmas Sukra Kabupaten Indramayu. Saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti tentang faktor-faktor lain yang mempengaruhi kepatuhan minum obat.

Kamsari - Personal Name
Dedeh Husnaniyah - Personal Name
Jihan Apriyanti - Personal Name
610.5 APR h
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...