Detail Cantuman Kembali

XML

Gambaran Penerapan Komunikasi Efektif Sbar Perawat Dalam Pelaksanaan Handover Di Ruang Bandeng RSUD M.A Sentot Patrol


Komunikasi efektif SBAR merupakan salah satu langkah mencapaian patient safety. Komunikasi tidak efektif akan berdampak pada kejadian malpraktek, sehingga menyebabkan kerusakan atau kerugian bagi kesehatan atau kehidupan pasien karena tidak sesuai dengan standar profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komunikasi efektif SBARdalam pelaksanaan handover.
Metode penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat di ruang Bandeng RSUD M.A Sentot Patrol. Sampel sebanyak 32 perawat. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan univariat.
Hasil penelitian komunikasi SBAR sebanyak 20 perawat (62,5%) berdasarkan situation (s) dalam kategori efektif. 20 perawat (62,5%), berdasarkan background (B) dalam kategori efektif, sebanyak 16 perawat (50,0%) berdasarkan assessment (A) dalam kategori efektif dan sebanyak 18 perawat (56,3%) berdasarkan recommendation (R) dalam kategori efektif, hasil gambaran komunikasi efektif SBAR dalam pelaksanaan handover di Ruang Bandeng RSUD M.A Sentot Patrol dengan hasil 17 perawat (53,1%) dengan kategori efektif.
Hasil penelitian ini dapat menjadi data dasar bagi rumah sakit dalam pelaksanaan kegiatan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit kepada pelanggan, dalam hal ini adalah pasien.

Wiwin Nur Aeni - Personal Name
Wenny Nugrahati Carsita - Personal Name
Nenti Setiawati - Personal Name
610.5 SET g
610.5
Text
Indonesia
STIKes Indramayu
2022
Indramayu
LOADING LIST...
LOADING LIST...